Header Ads

Apa Itu Siwak?

Gambar: sinarharapan.co


Mungkin ada sebagian orang yang tahu tentang siwak adalah hal yang kuno, sebenernya juga saya pernah berfikir seperti itu. Namun setelah saya membaca buku GAPTEK (Gampang Praktek) : Menu Hidangan Sehat Nabi Muhammad saw karya dr. Susantina Yulianti & Malahayati, S.Psi , saya mengetahui manfaat yang sangat luar biasa dari siwak itu sendiri apa lagi yang mempraktekan langsung adalah Rasulullah saw.

Zaman sekarang bersiwak yang lebih dikenal akrab sikat gigi. Sekarang sudah banyak merek sikat gigi dan odol berbagai macam pilihan. Ya mungkin tetem-temen tahu lah apa aja mereknya atau emang engga tahu lagi, yaudah saya kasih tahu aja ya merek-merek odol dan sikat gigi, kaya Pepsident, Ciptadent, Close-up, dan masih banyak yang lain lah. Bermacam-macam argument ilmiah digemborkan para pelaku industri untuk membuat kita percaya pada iklannya terus kita berminat membelinya, wah itu pasti namanya juga bisnis ya temen-temen :D.

Lalu kenapa sih harus siwak? Apa emang kehadiran sikat gigi zaman modern ini ga cukup?. Untuk menjawabnya, mari kita lihat apa yang menjadi keistimewaan siwak. Siwak adalah alat gosok gigi yang berasal dari akar dan ranting segar tanaman arak (salvadora persica yang berdiameter antara 0,1-5 cm. pohon arak adalah pohon yang kecil, seperti belukar dengan bercabang-cabang, diameternya lebig dari satu kaki. Jika kulitnya dikelupas, warnanya aga keputihan dan memiliki banyak juntaian serat. Akarnya berwarna coklat dan bagian dalamnya berwarna putih serta aromanya seperti selederi dan rasanya sedikit pedas.

Ternyata kalo dibandingin dengan pasta gigi lainnya, siwak memiliki banyak kelebihan. Pertama, batangnya memiliki serat yang elastis walaupun di bawa tenkanan keras. Selama ini yang kita kenal adalah menggosok gigi, bukan menyikat gigi. Menggosok gigi bagi sebagian orang ternyata menjadi alas an menyikat dengan keras. Ternayata berdasarkan ilmu kesehatan, menggosok gigi (dengan sikat gigi) bisa menyebabkan mengamplas gigi dan mengikis lapisan email gigi sehingga rusaknya email gigi bisa membahayakan pemilik gigi. Sedangkan siwak tidak merusak gigi walaupun menyikatnya dengan keras, karena siwak memiliki serat yang elastis. Kedua, batang siwak yang berdiameter kecil memiliki kemampuan fleksibilitas yang tinggi untuk menekuk ke daerah mulut secara pas untuk mengeluarkan sisa-sisa makanan dari sela gigi dan menghilangkan plak pada gigi. Ketiga, siwak memiliki kandungan kimia bermanfaat, yaitu antibacterial acids untuk membunuh bakteri, minyak aroma alami yang menjadikan bau mulut segar dan sejuk, enzim yang mencegah terbentuknya plak pembentuk radang gusi, dan antidecay agent yang berfungsi mencegah pembusukan pada mulut.

Wah sangat luar biasa sekali ya temen-temen kelebiha siwak itu sendiri, namun ada kekurangannya nih temen-temen. Apa yoh kekurangannya dari siwak itu, ya bener banget temen-temen kekurangan siwak itu susah didapetnya dari pada pasta gigi modern. Siwak hanya bisa ditemukan ditempat tertentu dan orang-orang yang pulang dari ibadah haji dan umrah yang biasanya membawa sebagai oleh-oleh dari Arab. Jadi kalo di daerah temen-temen ada orang yang mau pergi haji atau umrah nitip tuh suruh beliin siwak :D. tapi kalo buat temen-temen yang tertarik mau menggunakan siwak, temen-temen bisa dapetin di toko-toko perlengkapan haji atau toko-toko muslim lainnya. Kesediannya memang masih jarang, tetapi seiring dengan kesadaran kita tentang apa yang di ajarakan oleh Rasulullah saw membuat kita dapat menyisihkan uang untuk membelinya. Mudah-mudahan beberapa tahun kedepan kita bisa menjumpai siwak dengan kemasan praktis di toko-toko

No comments